Kue Bakpia (Resep Kue Bakpia Pathok Khas Yogyakarta)

Halooo Bunda Cantiik… 🙂  kali ini raja kue ingn membagikan Resep Kue Kering yang enak banget yaitu Bakpia

Kue Bakpia (Resep Kue Bakpia Pathok Khas Yogyakarta) : Kue Bakpia sebenarnya adalah merupakan salah satu kue pia, merupakan kue yang dikenal berasal dari Yogyakarta. Di yogyakarta sendiri Bakpia ada di mana mana, karena memang di Jogja kue ini dijadikan oleh-oleh di berbagai tempat pariwisata di jogja.

Resep Kue Bakpia Surabaya

Bakpia sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu kala, dan sampai saat ini variasi nya sudah banyak, mulai dari bakpia isi kacang ijo, bakpia isi parutan kelapa, bakpia ubi ungu, dan masih banyak lagi. namun tetap bakpia isi kacang hijau lah yang paling terkenal dan banyak diminati oleh masyarakat.

Nah bagi Anda yang saat ini penasaran dengan rasa kue bakpia tersebut, Anda tidak perlu datang ke Jogja untuk menikmatinya. karena Anda bisa buat sendiri resep bakpia pathuk dengan isi kacang ijo. atau bila anda kueang telaten membuatnya anda bisa langsung pesan ke Raja kue,

Asal muasal bakpia di Indonesia ternyata ada karena dibawa oleh orang-orang Tiongkok yang berniaga di Indonesia. Dalam bahasa Tiongkok, bakpia merupakan gabungan dari dua kata, yakni bak yang berarti daging dan pia yang berarti kue.

Yaa jadi secara harfiah bakpia dapat diartikan sebagai kue yang berisi daging.  pada jaman dahulu kala orang-orang Cina biasanya mengisi bakpia ini dengan daging babi. kue Bakpia di cina dapat dikatakan sebagai versi kecil dari bakpao yang juga sama-sama menggunakan daging sebagai isinya.

Dengan rasanya yang enak serta bentuknya yang imut membuat masyarakat Indonesia juga mulai menyukai kue bakpia ini. Namun kita mengetahui kebanyakan masyarakat Indonesia beragama Islam, akhirnya daging babi yang menjadi isi bakpia banyak diganti dengan kacang hijau hingga sekarang.

Dan salah satu jenis bakpia yang paling terkenal adalah bakpia pathok. Bakpia tersebut berasal dari daerah Pathok yang terletak di Yogyakarta.

Bahan-Bahan Bakpia Pathok Isi Kacang Hijau

Untuk membuat Bakpia, untuk mudahnya Bahannya akan kita bagi menjadi dua, yakni bahan utama dan bahan isiannya. Nah, untuk bahan utamanya adalah sebagai berikut:

Bahan utama bakpia:

  • Tepung terigu sebanyak 100 gram
  • Garam cukup dengan sekitar 1/4 sdt
  • Air putih matang sebanyak 25 ml
  • Minyak sayur sekiranya 25 ml

Bahan untuk isian bakpia:

  • Kacang hijau sebanyak 125 g, kupas, rendam 3 jam, dan kukus lunak
  • Vanili bubuk sekiranya 1/2 sdt
  • Gula halus sebanyak 100 gram
  • Garam sekitar 1/4 sdt

Cara Membuat Bakpia Isi Kacang Ijo

 

Langkah awal setelah semua bahan siap, mari kita membuat isiannya terlebih dahulu. Caranya ambil kacang ijo yang telah direbus sebelumnya dan kupaslah selagi masih hangat. Letakan kacang ijo yang sudah di kupas tersebut dalam sebuah wadah dan campurkan dengan bahan-bahan seperti vanili bubuk, gula halus, serta garam.

Lalu aduk-aduk kacang hijau kupas dengan bahan tersebut hingga tercampur secara merata. Selanjutnya ambil adonan sebanyak satu sendok teh, lalu bulatkan adonan calon isi ku bakpia tersebut. Lakukan langkah tersebut hingga semua adonan untuk isianya habis. Sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya kita akan membuat adonan kulit bakpianya. Terlebih dahulu campurkan tepung terigu,  garam, air, dan minyak sayur. Bahan-bahan tersebut campur secara merata dan uleni hingga bisa dipulung. Setelah itu ambil sejumput adonan tersebut dan bentuk sebesar kelereng buat sampai adonannya hingga habis.

Nah bila kulit dan isi bakpia nya sudah siap  kita tinggal memasukan adonan isi ke adonan kulit bakpia. Untuk memasukannya, ambil adonan kulit bakpia terlebih dahulu dan pipihkan. Pada bagian tengah adonan tersebut letakan bulatan isi, kemudian tutup kembali dengan membulatkan adonan kulit tersebut, lakukan sampai kulit bakpia dan isi bakpianya habis.

Setelah itu siapkan oven atau pemanggang, dan panggang adonanBakpia tersebut hingga berwarna kuning kecoklatan selama kurang lebih 10 menitan (tergantung oven anda). Usahakan bolak-balik bakpia tersebut selama proses pemanggangan agar matang secara merata.

Kini bakpia spesial siap untuk disantap. Jika kulit bakpianya terasa kurang lembut, maka setelah diangkat dari oven Anda dapat membungkusnya terlebih dahulu dengan plastik atau di dalam wadah yang rapat. Diamkan selama beberapa saat hingga kulitnya menjadi halus.

Dan Bakpia Anda siap di hidangkan bersama minuman kesukaan anda, atau dapat di hidangkan bersama keluarga atau dengan tamu istimewa Anda

Bila Anda Ingin mencoba membuat Bakpia dengan variasi yang lain Anda dapat sekaligus mencoba membuat kue Bakpia dengan resep yang berbeda, agar Anda bisa merasakan mana resep Bakpia yang cocok dengan selera Anda, berikut cara membuat kue Bakpia Surabaya variasi ke 2

Cara Membuat Pia Kering isi Kacang Hijau Nan Renyah Variasi Ke 2

Untuk proses pembuatan Bakpia variasi 2 secara tahap demi tahap hampir sama dengan pembuatan kue Bakpia yang pertama. Seperti pembuatan isi dan kulit bakpia yang di buat secara terpisah. nah agar kita punya kue bakpia dengan 2 variasi yuk langsung praktek

Resep Kue Pia Kering isi Kacang Hijau Nan Renyah yang Lembut di Mulut


Bunda sudah tahu Resep Kue Pia isi Kacang Hijau Renyah yang lembut dimulut belum? Kalau belum, yuk langsung saja simak cara membuat kue yang gurih ini. 🙂

Untuk varian isi si kue Bakpia kering ini memang banyak, tapi paling sering kita temui yaitu bakpia isi  kacang hijau kupas. Rasa gurih nan renyah dari kulit pia, ditambah manis dan aroma yang nikmat dari isian kue memang menjadi cita rasa yang tersendiri.

Bahan maupun cara membuat kue pia kering isi kacang hijau versi 2 cukup mudah dan tidaklah sesulit apa yang kita bayangka, bahkan bila Anda seorang pemula dalam membuat kue kering anda dapat mencoba resep kue bakpia ini dengan mudahAnda tinggal beli bahan dan langsung praktek dengan resep di bawah ini,  Nah.. agar lebih jelas langsung saja kita simak cara pembuatan Bakpia nya yaa 🙂 .

Estimasi Waktu Pembuatan Bakpia :

  • 15 menit untuk persiapan
  • 15 menit untuk memasak

Peralatan yang Kita Butuhkan Untuk Membuat Bakpia :

  • Wadah
  • Sendok makan
  • Sendok teh
  • Penggiling
  • Oven

Beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat Roti BakPia Kering yang lembut :

Bahan A :

  • 125 gram tepung terigu protein sedang / segitiga
  • ½ sendok makan mentega putih
  • 40 gram tepung gula
  • 75 ml susu

Bahan B :

  • 175 gram tepung terigu protein sedang / segitiga
  • 60 gram minyak goreng

Bahan Untuk Isian Bakpia:

  • 100 gram kacang hijau kupas, rendam 1 jam
  • 100 gram gula pasir, atau sesuai selera
  • 1/8  sendok teh garam
  • 50 ml santan diambil dari ¼ butir kelapa

Tips Dalam Membuat Kue BakPia Kering

  • Jika sulit untuk menemukan kacang hijau yang sudah di kupas, kita bisa menggunakan kacang hijau yang belum kupasan dengan mengupas sendiri di rumah..
  • Caranya dengan merebus kacang hijau selama kurang lebih 10 menit, kemudian angkat dan tunggu agak dingin.
  • Remat-remat kacang hingga kulit terkelupas dengan sendirinya, tidak perlu kencang-kencang saat meremat. Baru setelah terkelupas kita bisa menambahkan gula dan bahan lainnya.

Cara Membuat Kue Pia Kacang Hijau yang Renyah :

  1. Langkah Awal Aduk bahan A yang terdiri dari  tepung terigu protein sedang, mentega putih, tepung gula dan susu sampai kalis, kemudian kita sisihkan.
  2. Selanjutnya ambil bahan B yang meliputi tepung terigu dan minyak goreng ke dalam wadah berbeda, kemudian aduk adonan sampai kalis, dan sisihkan
  3. Lalu gulung bentuk memanjang adonan A kemudian timbang adonan masing-masing 5 gram.
  4. Begitu pula dengan adonan B, kita melakukan hal yang sama seperti bahan A, gulung memanjang dan timbang masing-masing 5 gram juga.
  5. Setelah ditimbang, giling adonan A, kemudian tambahkan adonan B diatasnya. Giling tipis dan gulung. Istirahatkan selama 1 jam sambil ditutup serbet.
  6. Resep Untuk membuat isian Bakpia:
  7. Kukus kacang hijau selama 30 menit lalu haluskan. Tambahkan gula, garam, dan santan. Masak sambil diaduk hingga kering. Angkat kemudian dinginkan.
  8. Timbang isi masing-masing 10 gram
  9. Giling adonan kulit lalu tambahkan bahan isi di tengahnya. Tekan-tekan perlahan dengan ibu jari dan telunjuk kemudian rapikan
  10. Oven 7 menit dengan suhu 160 derajat celcius. Balik. Oven kembali 7 menit atau hingga matang.

Dengan cara yang sesederhana ini, bunda bisa langsung mempratekkannya di rumah bersama si buah hati. Apalagi buah hatinya seorang cewek, nah .. hitung-hitung bisa memeperkenalkan resep dan cara membuat kue pia kering isi kacang hijau dan Kue Pie Susu Bali misalnya.

Demikian sajian informasi singkat tentang resep bakpia pathok basah dan kering dengan isian kacang ijo yang lezat. Cobalah resep tersebut di rumah masing-masing, dijamin Anda akan ketagihan dengan rasa lezat camilan tersebut. Selamat berkreasi  dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *